Bismillahirrahmanirrahim. Terimakasih pembaca yang budiman telah berkunjung ke website kami DeNature Indonesia. Gatal miss v masih menjadi trending topik dikalangan wanita. Apa penyebab miss v gatal pun tak habis-habis kita bahas, namun dikarenakan minimnya informasi masalah inipun masih sering membingungkan sebagian wanita. 

Vagina merupakan organ reproduksi wanita yang sangat rentan terhadap infeksi. Hal ini disebabkan batas antara uretra dengan anus sangat dekat, sehingga kuman penyakit seperti jamur, bakteri, parasit, maupun virus mudah masuk ke liang vagina. Untuk itu, wanita harus rajin merawat kebersihan wilayah pribadinya ini. Infeksi juga terjadi karena terganggunya kesimbangan ekosistem di vagina. 

Ekosistem vagina merupakan lingkaran kehidupan yang dipengaruhi oleh dua unsur utama, yaitu estrogen dan bakteri Lactobacillus atau bakteri baik. Di sini estrogen berperan dalam menentukan kadar zat gula sebagai simpanan energi dalam sel tubuh (glikogen). Glikogen merupakan nutrisi dari Lactobacillus, yang akan dimetabolisme untuk pertumbuhannya. Sisa metabolisme kemudian menghasilkan asam laktat, yang menentukan suasana asam di dalam vagina, dengan potential Hydrogen (pH) berkisar 3,8 - 4,2. Dengan tingkat keasaman ini, Lactobacillus akan subur dan bakteri patogen (jahat) akan mati. 

Di dalam vagina terdapat berbagai macam bakteri, 95 persen Lactobacillus, 5 persen patogen. Dalam kondisi ekosistem vagina seimbang, bakteri patogen tidak akan mengganggu. Bila keseimbangan itu terganggu, misalnya tingkat keasaman menurun, pertahanan alamiah juga akan turun, dan rentan mengalami infeksi. Ketidakseimbangan ekosistem vagina disebabkan banyak faktor. Di antaranya kontrasepsi oral, penyakit diabetes mellitus, antibiotika, darah haid, cairan sperma, penyemprotan cairan ke dalam vagina (douching), dan gangguan hormon seperti saat pubertas, kehamilan, atau menopause.
APA PENYEBAB MISS V GATAL
APA PENYEBAB MISS V GATAL

APA PENYEBAB MISS V GATAL

  1. Penggunaan bahan kimia. Gatal di daerah kewanitaan kamu  dapat disebabkan iritasi vagina akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan.
  2. Infeksi Jamur. Jamur yang tumbuh berlebihan pada vagina dan vulva. Infeksi ini lebih berisiko terjadi saat perempuan sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan seksual, dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah. Selain gatal, jamur akan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental.
  3. Vaginosis Bakteri .Keberadaan bakteri sehat pada vagina adalah hal yang normal. Namun beberapa bakteri jahat dapat menyebabkan infeksi dan rasa gatal. Umumnya vaginosis bakteri diiringi gejal seperti rasa perih, serta keluarnya cairan dan bau tidak sedap dari Vagina.
  4. Menapause. Turunnya produksi estogen di akhir masa reproduksi perempuan dapat menyebabkan dinding vagina menipis dan mengering, sehingga menyebabkan iritasi dan gatal. Selain pada lansia, kondisi ini dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui.
  5. Dermatitis kontak. Dermatitis kontak yang biasa ditandai dengan benjolan vagina adalah jenis iritasi kulit yang disebabkan oleh alergi terhadap produk tertentu. Anda bisa terjangkit dermatitis kontak dari mana saja, termasuk kondom dan lubrikan, shampo, pelembut pakaian, tisu toilet berpewangi, sabun mandi, atau deterjen pencuci baju.Selain vagina gatal, Anda mungkin juga memperhatikan adanya kemerahan, pembengkakan, dan penebalan kulit di area yang terpengaruh dan sekitarnya.
  6. Eksim atau psoriasis. Kedua gangguan kulit genetik ini dapat menyebabkan vagina gatal yang diikuti dengan belang ruam kemerahan.Jika Anda didiagnosis dengan salah satu kondisi medis ini, keluhan vagina gatal dan memerah dapat dikelola menggunakan steroid ringan, seperti hydrocortisone, dan berendam dalam bubur oatmeal untuk meredakan rasa tidak nyaman yang diakibatkan kedua kondisi ini.Jika Anda tidak merasa membaik setelah satu minggu, tanyakan pada dokter mengenai pilihan pengobatan selanjutnya
  7. Penyakit kelamin.Praktik seks tidak aman dapat menyebabkan penyakit kelamin menular, dan banyak dari penyakit ini membuat vagina terasa gatal, termasuk sifilis, klamidia, herpes genital, trikomoniasis, dan gonore. Kutu kemaluan juga dapat muncul pada wanita yang memelihara rambut pubis.Sensasi gatal pada vagina dapat berkembang menjadi rasa nyeri dan terbakar. Jika Anda mengalami vagina gatal yang diikuti oleh gejala klasik lain dari penyakit kelamin, seperti nyeri saat buang air kecil, keputihan berbau busuk, dan sakit saat berhubungan seks, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan rangkaian tes dan uji laboratorium untuk diagnosis penyakit kelamin
OBAT HERBAL ATASI GATAL MISS V
OBAT HERBAL ATASI GATAL MISS V

APA PENYEBAB MISS V GATAL

Jika Anda sudah fahami penyebab dari gatal yang muncul pada miss v maka segeralah untuk melakukan pengobatan. Anda akan tahu rasanya sehat itu mahal jika Anda sudah terbaring dirumah sakit. jangan sampai ya Sista karena dampak terburuk penyakit kelamin adalah terjadinya kanker serviks. 

Jangan malu dan segan untuk berkonsultasi secara detail dan gamblang, karena kejujuran Anda adalah kunci dari pengobatan yang terbaik. Obat Dokter ataupun obat herbal sama bagusnya. Mahal murah adalah relatif, namun jeli terhadap suatu produk adalah harga mutlak. 

Akhir kata dari saya semoga artikel Apa penyebab miss v gatal  ini bermanfaat dan bisa menjadi jawaban atas kegusaran anda selama ini. Salam Sehat DeNature. we Do Because We Care.

Alhamdulillah. 

 
Top